Langsung ke konten utama

Cara Membuat TAMAN VERTIKAL SEDERHANA dari Botol Bekas

Desain taman rumah dengan konsep taman vertikal atau vertical garden merupakan model taman rumah yang ditujukan untuk orang perkotaan. Konsep taman vertikal yang ini tidak membutuhkan ruangan yang lebar karena desain taman yang ditata keatas (vertical).

Dengan keberadaan taman vertikal ini akan membuat suasana rumah lebih asri dan sejuk. Selain itu jika tanaman yang digunakan adalah sayuran atau buah-buahan maka secara tidak langsung Anda memiliki kebun mini di area rumah. Setelah mengetahui konsep dari taman vertikal ini, bagaimana kalau sekarang membahas tentang bagaimana cara membuat taman vertikal di dalam rumah rumah.

Cara Membuat Taman Vertikal Sendiri di Rumah

Untuk bisa membuat taman vertikal sederhana bisa memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol plastik ataupun paralon. Pembuatan taman vertikal yang memanfaatkan barang bekas ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena bisa menggunakan dinding rumah untuk media peletakan tanaman dan media tanam.

Desain Taman Vertikal Sederhana dari Botol Bekas

Desain taman vertikal atau vertical garden yang memanfaat botol bekas bisa didesain dengan menggunakan rangka besi untuk media peletakan tanaman beserta botol bekas. Desainnya sendiri sangat beragam dan dibawah ini merupakan salah satu contoh desain taman vertikal sederhana dari botol bekas.  

Cara Membuat Taman Vertikal Sederhana dari Botol Bekas
Desain Taman Vertikal Sederhana dari Botol Bekas

Cara membuat taman vertikal dari botol bekas ini tidak begitu sulit. Sebelum membuat taman tersebut sebaiknya persiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini.


Alat dan Bahan untuk Membuat Taman Vertikal Sederhana dari Botol Bekas

Sebelum proses eksekusi sebaiknya persiapkan terlebih dahulu alat-alat dan bahan berikut ini.

Alat untuk membuat Taman Vertikal
- Gunting Biasa & Besi
- Alat Pompa Aquarium

Bahan untuk membuat Taman Vertikal
- Media Tanam seperti tanah atau sabut kelapa
- Botol Bekas
- Selang kecil dan selang ukuran 3/4
- Paralon ukuran 3"
- Besi atau Kayu
- Kawat Besi

Setelah alat dan bahan untuk membuat Taman Vertikal maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membuat taman vertikal tersebut.

Proses pembuatan Taman Vertikal Sederhana dari Botol Bekas

Untuk bisa membuat taman vertikal ini bisa dilakukan dengan cara mengolah satu persatu bahan yang sudah disiapkan dengan alat yang sudah disediakan sebelumnya.

1. Buat Pot Tanaman dari Botol
Proses pembuatan pot tanaman ini bisa dengan memotong langsung botol menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Untuk pembuatan taman vertikal ini ambil potongan botol yang bagian atas.

Setelah itu lubangi tutup botol dan diberi selang kecil untuk saluran air agar air bisa tetap mengalir ketika mendapatkan suplai air. 

Langkah selanjutnya isi botol tersebut dengan media tanam seperti tanah ataupun sekam padi, sabut kelapa dan lain sebagainya. Persiapkan setidaknya 10 sampai 20 media tanam dari botol bekas.

2. Persiapkan Kerangkan Taman Vertikal
Untuk tahapan membuat taman vertikal berikutknya adalah membuat kerangka taman. Pembuatan kerangka taman ini bisa memanfaatkan besi ataupun kayu. Sedangkan untuk tempat menaruh tanaman bisa menggunakan kawat jemuran dengan dibuat kotak-kotak ataupun bentuk lainnya sesuai keinginan.

3. Buat Saluran Air untuk Pengairan Tanaman
Pada tahap pembuatan saluran air ini potong terlebih dahulu pipa pvc sesuai dengan lebar taman vertikal. Lubangi pipa sesuai dengan rangkaian tanaman yang sudah dibuat.

Pada ujung pipa kasih lubang untuk saluran selang ukuran 3/4. Selang ini bisa juga diganti dengan ukuran yang lebih kecil sesuai dengan ukuran selang untuk pompa air aquarium.

Setelah semua disiapkan maka rangkai semuanya dan taman vertikal sederhana dari botol bekas sudah berhasil dibuat. Untuk sistem kerjanya sendiri taman vertikal ini tidak perlu disiram karena sirkulasi air sudah disuplai terus menerus.

Cara membuat taman vertikal ini jika dilihat memang agak rumit, namun untuk mempermudahkannya bisa juga tanpa menggunakan pompa air. Akan tetapi jika tanpa pompa ini proses penyiraman tanaman menggunakan sistem manual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis

Sebuah desain rumah minimalis tentu tidak akan terlepas dari yang namanya pintu rumah. Konsep pintu rumah minimlis sendiri memiliki berbagai macam bentuk dan model. Dengan banyaknya macam pintu rumah minimalis tersebut maka kita sebagai pemilik rumah yang ingin mendesain pintu utama ataupun pintu ruangan lainnya harus mengetahui tips-tips untuk memilih pintu rumah minimalis yang tepat. Tips memilih pintu rumah minimalis yang tepat nantinya memungkinkan untuk bisa memilih pintu yang sesuai dengan bugdet, desain rumah dan kualitas pintu tersebut. Untuk itu agar lebih bisa memahami tentang bagaimana tips memilih pintu rumah minimalis maka berikut ulasan mengenai tips tersebut. Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis 1. Bahan yang digunakan Ketika akan memilih pintu rumah minimalis sebaiknya perhatikan terlebih dahulu bahan utama yang digunakan. Pastikan bahan yang digunakan untuk model pintu rumah minimalis tersebut tahan terhadap cuaca. Dengan kualitas bahan seperti maka n